Troubleshooting jaringan kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah2 untuk
mengeliminir potensi2 masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan
sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan
troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi
masalah; troubleshooting masalah; dan bila perlu menghubungi technical support
yang tepat.
Layer Jaringan untuk isolasi masalah
jaringan di rumah
Walaupun mungkin saja kita bisa
memperbaiki hampir semua masalah jaringan, mengetahui di layer mana akar
masalah nya adalah sangat membantu kita jika seandainya situasinya memaksa kita
harus menghubungi technical support misal ke vendor atau ke ISP jika sudah
mentok tidak bisa memperbaikinya setelah kita melakukan troubleshooting
jaringan tersebut.
Bagaimana cara mengetahui di layer
mana akar masalah nya, kita bisa mengikuti langkah berikut dengan asumsi
komputer kita menggunakan Windows XP / Vista.
- Click Start => Control Panel =>
Click Network and Internet Connections
- Dibawah Network and Internet Connection =>
Click Network Connection
- Sekarang kita bisa melihat status dari koneksi NIC
network adapter pada komputer kita dibawah Network Connections window
dengan kemungkinan status sebagai berikut:
A > Status adalah Connected akan
tetapi tidak bisa akses internet
Connected Status
Status ini menunjukkan bahwa
komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada
router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan
wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini
menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
Untuk bisa melakukan troubleshooting
jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.
- Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser
internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.computer-network.net
atau ke www.wireless-router-net.com atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website
tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah
pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin
salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa
membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
- Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable
line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
- Lepaskan sambungan wireless router dari modem
(sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router),
tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai
perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
- Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan
akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya
lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari
dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang
lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang
streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files
dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa
aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk
memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah
berikut ini.
- Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah,
cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda
langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet.
Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah
dengan wireless router anda.
- Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses
internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada
masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada
masalah dengan layanan Internet.
B > NIC atau wireless adapter
status disabled
Disabled status
Jika gambar status diatas ini buram
abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan Disabled. Ada seseorang yang
secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin anda sendiri yang iseng
coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik kanan icon tersebut dan
pilih Enable.
C > limited or no connectivity
Status
Limited or no connectivity status
Kondisi limited or no
connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer anda, koneksi
ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi konfigurasi wireless
router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP
pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet
(jika fihak ISP memberikan layanan DHCP kepada clients).
Troubleshooting jaringan dengan
status limited or no connectivity ini disebabkan beberapa masalah
berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang
tidak dikonfigure dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini untuk troubleshooting
jaringan dengan status ini.
- Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair.
Perhatikan apakah sudah normal connected atau masih limited. Langkah ini
memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP server.
- Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan
bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
- Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan
koneksikan lagi.
- Jika ada wireless router terpisah dengan modem, putuskan
koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
- Restart komputer anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
masukkan komentar anda disini