Jumat, 25 Juli 2014

Perbedaan Prime Fokus Dan Offset Fokus

PERBEDAAN PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS
1.    Apa itu prime fokus dan offset fokus?
Prime fokus dan offset fokus dalam dunia Tv satelit istilah ini banyak digunakan. Kedua istilah ini sering dijumpai pada LNB dan Dish. Ada dish Prime fokus dan adapula LNB offset fokus. Prime fokus adalah posisi titik fokus yang terdapat pada titik pusat / dot center parabola, sedangkan offset fokus adalah titik fokus yang terletak pada bagian lain dari center parabola.
2.    Apa perbedaan dish prime fokus dan offset fokus?
Dish prime fokus biasa kita temui di sekitar kita. Antena parabola pada umunya mesh ataupun solid adalah jenis prime fokus.
 Dish Jenis Prime Fokus
Dish offset fokus adalah dish yang tempat penempatan LNB nya berada di samping. Kita bisa temui pada antena parabola diatas tempat ATM (parabola Visat), atau dish parabola Tv berlangganan.
 Contoh dish jenis offset
Dish Prime fokus dan offset fokus secara persamaan parabola sebenarnya sama saja. Pada offset fokus hanyalah memotong beberapa bagian dari full parabolic tanpa merubah posisi titik fokusnya, sehingga titik fokus seolah terlihat seperti di pinggir. Grafik parabola yang melalui titik A, B dan C yang disajikan pada gambar berikut adalah ilustrasinya. apabila bagian B - C dipotong, maka yang tersinya hanyalah bagia A - B saja. Jadi kelengkungan tersebut masih sesuai kelengkungan parabola, dan terlihat seperti titik fokusnya disamping.
dish offset fokus tipe 1
Namun adapula jenis offset fokus yang kedua, yaitu offset fokus tanpa mengurangi bagian dari parabolic itu sendiri. Hal ini sering digunakan untuk sistem multy LNB. Seperti pemasangan 2 LNB pada umumnya, satelit palapa diterima oleh LNB yang terletak pada prime fokus, sedangkan  telkom diterima oleh LNB yang offset.
Offset fokus tipe 2
 
3.    Apa perbedaan LNB prime fokus dan offset fokus?
Secara rangkaian elektronik jenis LNB prime fokus dan offset fokus adalah sama. Namun sering kita jumpai pada LNB KU band sering terdapat peruntukan dish nya apakan jenis prime fokus ataupun offset fokus. Perbedaannya hanya terletak pada Scalar ring LN itu sendiri. LNB prime fokus memiliki Scalar ring yang datar, namun pada offset fokus menggunakan scalar ring yang mengerucut atau yang sering disebut Conical scalar ring.
Scalar ring jenis prime fokus
 Scalar ring jenis offset fokus, (Conical Scalar ring)
4.    Apakah LNB Prime fokus dapat digunakan pada dish offset fokus?, dan apakah LNB offset fokus dapat digunakan pada dish prime fokus?
Bisa. Langkah yang harus dilakukan adalah menyesuaikan scalar ring nya sesuai dengan dish yang digunakan. Apabila ingin memodifikasi LNB offset fokus pada dish prime fokus, maka buatlah scalar ring yang datar. Apabila ingin memodifikasi LNB prime fokus pada dish offset, maka buatlah scalar ring yang mengerucut/ conical scalar ring.
Berikut adalah contoh penerapan LNB KU band jenis prime fokus pada dish offset.
Persentase Sinyal satelit NSS6 pun juga tidak kalah besar dibanding ketika menggunakan LNB offset merk hansen
5.    Mengapa pada posisi offset fokus kualitas sinyal lebih rendah daripada prime fokus?
Hal ini biasanya terjadi pada dish prime fokus yang dipasangkan LNB di samping.  sehingga penempatannya terlihat offset. Coba perhatikan gambar berikut:
Parabola yang melalui titik C - A - B menerima sinyal datang yang tidak sejajar dengan sumbu utama, kemudian membentuk titik fokus di f2. Dalam kondisi seperti ini hanya bagian A- B saja yang sinar datangnya dipantulkan menuju titik fokusnya, sedangkan bagian C- A tidak terpakai. Hal inilah yang menyebabkan pemasangan LNB offside pada dish prime fokus mengalami penurunan sinyal dibanding pososi prime fokusnya.
6.    Mengapa untuk tipe offset pada Indovision, telkomvision, aora, dan Tv berlangganan lainnya tetap memiliki sinyal yang besar padahal dish yang dipakai berukuran kecil
Jawabnya adalah frekuensi sinyal yang dipancarkan oleh satelit Tv berlangganan tersebut memang sudah besar. Selain itu penggunaan jenis dish serta jenis LNB yang digunakan memang sudah cocok peruntukannya.  Dish offset dan LNB yang jenis offside juga. Kecuali pada Telkomvision yang menggunakan conical scalar ring karena menggunakan LNB C band jenis prime fokus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukkan komentar anda disini