Jumat, 04 Januari 2013

Latar Belakang



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan manusia akan informasi yang cepat dan tepat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, menyediakan berbagai aplikasi sistem informasi yang dapat membantu manusia dalam proses penanganan sistem informasi yang  sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi. Organisasi yang membutuhkan sistem informasi tersebut salah satunya adalah gereja.
Gereja St. Matias Rasul Tofa memiliki jumlah umat yang cukup banyak. Jumlah umat ini menuntut ketersediaan akan informasi pelayanan yang semakin meningkat pula. Hal ini tidak sebanding dengan pengelolaan informasi yang telah ada, pengelolaan informasi dalam gereja masih dilakukan dengan cara manual, yaitu input dan output data masih menggunakan penulisan tangan. Informasi database umat masih menggunakan media kertas, sehingga berkas–berkas harus disusun dan disimpan sebagai tumpukan kertas dan saat mencari berkas harus dibongkar dari tumpukan kertas tersebut. Cara manual tersebut membuat pekerjaan menjadi lambat untuk diselesaikan.
Oleh karena itu, cara mengatasi masalah di atas penulis ingin membuat suatu sistem informasi umat St. Matias Rasul Tofa agar mempermudah dan membantu semua pihak yang membutuhkan informasi tentang umat, baik menyangkut data diri umat, sejarah gereja St. Matias Rasul Tofa, maupun tentang jumlah umat di setiap kelompok umat basis (KUB).
Delphi merupakan salah satu bahasa pemograman yang memiliki kemampuan memproses data, proses kompilasi cepat, memiliki menu, dan mudah dipelajari karena merupakan turunan dari bahasa pemograman Pascal, serta di dukung oleh Microsoft Access 2007 sebagai program aplikasi tambahan dalam proses pembuatan database. Berdasarkan hal tersebut penulis akan membuat suatu sistem informasi berbasis database dengan judul “Sistem Informasi Pendataan Umat Di Gereja St. Matias Rasul Tofa”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

masukkan komentar anda disini